Prosessor Arm Kemungkinan Akan Menggeser X86 Di Dunia Komputer Desktop

2
970
Dibaca

Teknoplace.web.id – Prosessor X86 seperti Intel dan AMD menguasai hampir 90% PC desktop didunia,karena performa nya yang dianggap tinggi dengan spesifikasi yang cukup lebih untuk menjalankan software dan game kelas berat, Namun kemungkinanan tak lama lagi setelah Apple memutuskan meninggalkan platform Intel dan beralih ke Chip Arm yang akan didesain sendiri. Keputusan Apple ini kemungkinan membuat Intel gigit jari lantaran Prosessornya tak akan lagi dipakai di iMac Apple untuk seterusnya. Apple memang cukup kuat dalam bidang pengembangan chipset sendiri yang terbukti iPad 2020 dengan chip Arm terbarunya mampu menghasilkan performa dan Benchmark yang tinggi. Arm sendiri adalah perusahaan Chip yang melisensikan Arm yang digunakan oleh banyak vendor seperti Qualcomm, Mediatek, Apple A Series dan banyak lagi.

Sebelum Apple, Microsoft pernah membuat OS Windows RT yang dikhususkan untuk Arm 32Bit namun gagal karena developer tidak berminat untuk migrasi aplikasinya ke dalam windows RT karena tidak begitu laku pasarnya. Sayangnya dalam membuat OS Windows RT Microsoft tidak merancang Prosessor Arm sendiri sehingga kinerja antara OS Hardware tidak bersinergi. Berbeda dengan Apple yang cukup sukses dalam merancang OS dan CPU nya sendiri bahkan Developer besar Seperti Adobe, Microsoft dll berhasil bergabung dalam membuat aplikasi untuk iPad OS bahkan Developer tersebut telah menyiapkan aplikasi untuk Mac OS yang berjalan dengan CPU Arm tahun depan.

Tabel dibawah ini memeprlihatkan konsumsi power Antara Arm dan X86 AMD yang mana Arm diwakili Oleh Apple A12 dengan konsumsi power 3,79W Qualcomm Snapdragon 845-855 antara 4.44 – 5.02 W yang mana daya nya jauh lebih kecil dibanding platform X86 AMD yang mempunyai konsumsi power paling rendah 50W.

Perbandingan Konsumsi Power Arm Vs X86 AMD

Dengan keberhasilannya itu Apple akan mencoba mengintegrasikan Arm ke seri iMac dan juga Macbook nya. Bila ini berhasil maka tentu saja iMac dan Macbooknya dapat menghemat daya bila dibandingkan dengan prosessor Intel. Namun jangan anggap remeh kemampuan Arm, Prosesor ARM ini didesain hemat daya, sehingga cocok untuk smartphone dan IoT. Walaupun chip ARM belum merambah desktop dan server yang sekarang rajanya adalah Intel, posisi ini sepertinya akan segera berubah. Supercomputer tercepat di dunia sekarang, Fugaku menggunakan prosesor desain dari ARM yang diproduksi oleh Fujitsu Jepang. Super Komputer Fugaku mempunyai kecepatan 400+ PetaFlops yang mana kecepatannya 2x lipat dari kecepatan super komputer tahun lalu.

Beri Rating

2 COMMENTS

    • kasian katak dalam tempurung. apakabar processor M1 yang sekarang dipake apple di macbook. sok ngatain orang iq jongkok. padahal komen 18 april 2021, yang notebene M1 udah lama rilis.
      malu ah sok pinter eh ga taunya emg sok aja

TINGGALKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Masukkan Nama Anda